Polip serviks adalah

Polip Serviks adalah salah satu keadaan patologis yang paling sering menjangkiti saluran kelamin wanita. Ini adalah proliferasi, sebagian besar peduncolata, berasal dari mukosa serviks. Polip serviks dapat dibentuk dari vaginalis portio, dari persimpangan antara epitel skuamosa dari portio dan silinder kanal serviks atau saluran leher rahim.

Mereka bisa tunggal atau ganda dan meskipun mereka memiliki asal inflamasi,  keadaan  paling sering dialami oleh wanita antara Usia 40 dan 50 tahun lebih sering datang ke wanita perimenopausal. Panjang polip biasanya sangat terbatas, sebagian lagi hanya lebih terlihat mencapai 2-3 cm.

Konsistensi adalah basah dan kadang-kadang fibrosis. Kulit adalah kemerahan atau merah – yg memabukkan, kadang-kadang permukaan ulserasi. Gurita dapat mudah berdarah. Histologi, polip didasari oleh kerangka tengah dan pembuluh darah stroma, yang permukaannya ditutupi dengan epitel serviks silinder. Kadang-kadang Anda menemukan kelenjar serviks dan hampir selalu ada infiltrasi inflamasi yang signifikan dari stroma. Tergantung pada prevalensi jaringan fibrosa dari sistem kelenjar, komponen vaskular dari inflamasi atau berbicara tentang : polip serviks berserat, adenomatosa, atau fibro – pembuluh darah dan peradangan granulomatosa.

Meskipun sebagai aturan lapisan epitel dari polip serviks adalah silinder, sebagai epitel saluran leher rahim, adalah fakta sering metaplasia epidermoid, baik dalam epitel lapisan kedua kelenjar. Ini metaplasia epidermoid bagaimanapun, tidak harus dianggap sebagai ekspresi kanker (dilakukan cukup luar biasa ), hiperplasia adenomatosa sama tertentu polip tidak harus melakukannya keliru percaya adenokarsinoma.

Dalam kasus yang jarang terjadi di mana sebenarnya degenerasi carcinomatous polip, itu adalah karsinoma sel skuamosa biasanya. Degenerasi dimulai sebagian besar di permukaan poliposa pembentukan sedangkan zona basal bertahan beberapa waktu epitel normal. Dengan demikian dapat masih membedakan polip ditandai dengan kanker serviks primitif jenis vegetans, di mana seluruh struktur polypoid, termasuk dasar, didasari oleh jaringan neoplastik. Jelas prognosis dalam kasus polip kanker dini lebih baik daripada situasi lainnya. Patogenesis polip serviks dibahas dan mungkin banyak faktor yang dapat memberikan berkontribusi terhadap terjadinya mereka : peradangan kronis, iperestrinismo, trauma. Polip serviks dapat dikaitkan dengan kondisi lain dari ginekologi patologi : fibroid – kista ovarium, kanker ovarium, polip rahim dll .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s